From Yogyakarta to Masohi: Bantuan Faceshield Gen Emas Foundation Kepada Rumah Sakit dan Puskemas
Bantuan Faceshield Untuk Rumah Sakit dan Puskemas di Maluku Tengah

By Samsul Bahri Abdi 09 Jun 2020, 09:51:42 WIB Kesehatan
From Yogyakarta to Masohi: Bantuan Faceshield Gen Emas Foundation Kepada Rumah Sakit dan Puskemas

Pandami Covid-19 masih belum menunjukkan tanda-tanda akan segera mereda di Indonesia. Jumlah tenaga medis dan kesehatan yang berguguran dihantam virus Covid-19 pun kian bertambah seiring meningkatnya jumlah kasus positif. 

Hingga saat ini, ribuan tenaga medis dan kesehatan masih terus bekerja di tengah wabah Covid-19. Mereka tidak bisa melakukan Work Form Home atau #dirumahsaja karena kesehatan dan keselamatan masyarakat terletak di pundak mereka. Mengingat stok Alat Pelindung Diri (APD) yang semakin menipis, sementara tuntutan pekerjaan semakin besar, mereka adalah kelompok yang paling rentan terpapar Covid-19 dari pasien yang dirawat.

Dengan kesadaran tersebut, Fakultas Teknik UGM, Gen Emas Foundation, Pondok Pesantren Mahasiswa Nur Baiturrahman dan Asosiasi Tridiprinting Indonesia (Wilayah Jogja), bekerjasama dan membentuk  komunitas relawan penyedia face shield (pelindung wajah) untuk memproduksi dan menyediakan face shield darurat bagi para tenaga medis dan kesehatan secara gratis. Ini dimaksudkan agar para pejuang garda terdepan dapat bekerja dengan rasa aman dan tenang. 

Meskipun berlokasi di Yogyakarta, komunitas relawan ini membaktikan diri untuk dapat menyediakan face shield gratis bagi para tenaga medis dan kesehatan di seluruh wilayah Indonesia. Berawal dari tawaran bantuan ini dari drg. Indra Bramanti, Sp. KGA., M.Sc., sahabat kami yang tergabung dalam komunitas relawan face shield melalui komunikasi whatsaap, akhirnya sejumlah 100 buah face shiled dikirim dari Yogyakarta ke Kota Masohi, Kabupaten Maluku Tengah.

Bantuan face shield ini diserahkan kepada dua intitusi layanan kesehatan yang ada di wilayah Kabupaten Maluku Tengah yaitu RSUD Masohi dan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Masohi. Kami mewakili komunitas relawan penyedia face shield bergerak untuk menyalurkan bantuan ini. Bantuan untuk Puskesmas Masohi dan RSUD Masohi langsung diterima oleh pimpinan tertinggi dua institusi pelayanan kesehatan tersebut yaitu dr.Irene Meity Rahakbauw selaku kepala Puskesmas Masohi, dan dr. Ursula Surjastuti, M.M.Kes. sebagai Direktur RSUD Masohi. 

Puskesmas Masohi menerima 20 buah  face shield, sementara RSUD Masohi mendapatkan 80 buah  face shield. Jumlah ini dibagikan sesuai dengan permohonan yang kami sampaikan saat pengajuan bantuan pada Gen Emas Foundation. 

dr. Irene dan dr. Ursula sangat berterima kasih kepada segenap relawan Fakultas Teknik UGM, Gen Emas Foundation, Pondok Pesantren Mahasiswa Nur Baiturrahman dan Asosiasi Tridiprinting Indonesia (Wilayah Jogja) yang tergabung dalam komunitas relawan penyedia face shield atas bantuan yang diberikan. Sejak ditemukannya kasus positif Covid-19 di Kota Masohi, ketersediaan APD termasuk face shield jelas menjadi sebuah kebutuhan utama bagi tenaga medis dan kesehatan dalam memberikan layanan sehingga bantuan ini sangat bermanfaat dan diberikan pada sasaran yang tepat.

Komunitas relawan ini juga menerima donasi dari siapa saja yang ingin turut berkontribusi dalam aksi ini. Donasi dapat diberikan melalui: 
Bank BNI       : 0901795991
Bank Mandiri : 1370011264443
OVO                : 085701002204
GOPAY            : 085701002204
DANA              : 085701002204

Semua Atas Nama Yarabisa Yanuar
Konfirmasi donasi dan informasi lebih lanjut dapat menghubungi :
0812 338 73094 (Yanuar)
0896 7446 2753 (Azi)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari akun Facebook

Melihat semua komentar

Menulis komentar